Kriptografi, apa sih?

December 9, 2009

source gambar dari : http://www.sodahead.com/

Kriptografi berasal dari kata crypto (rahasia) dan graphia (tulisan), kedua kata tersebut merupakan bahasa Yunani. Sehingga kalau kita terjemahkan secara bebas, kriptografi berarti tulisan rahasia. Namun, secara terminology, kriptografi diartikan sebagai ilmu dan seni untuk menjaga keamanan pesan ketika pesan dikirim dari suatu tempat ke tempat lain.

4000 tahun yang lalu, orang-orang Mesir memperkenalkan teknik kriptografi ini. Teknik kriptografi konon digunakan oleh Julius Caesar untuk mengirimkan pesan rahasia kepada seorang Jendral di medan perang.

Mengingat pesan yang disampaikan Julius Caesar adalah pesan yang sangat rahasia, dan hanya boleh dibaca oleh sang Jendral, ia khawatir kalau pesan tersebut dibuka dan dibaca di jalan oleh orang yang tidak berhak membacanya. Akhirnya ditemukanlah sebuah cara untuk mengatasi hal itu. Julius Caesar mengacak pesan tersebut hingga menjadi pesan yang hanya dapat dipahami oleh sang Jendral. Caranya, Julius Caesar mengganti semua susunan alphabet dari a, b, c, dan seterusnya menjadi d, e, f, dan seterusnya. Agar sang Jendral dapat memahami pesan yang telah di acak, maka sang Jendral diberitahu sebelumnya bagaimana cara membaca pesan yang di acak tersebut.

Ilustrasi :

Susunan alphabet asal :

A B C D E F G H I J K ….

Susunan alphabet dirubah :

D E F G H I J K L M N ….

Berarti A = D , H = K, dan Jika Julius Caesar hendak menyampaikan pesan “MAKANDULU” kepada sang Jendral, maka pesan terebut ditulis sebagai berikut : “ PDNDQGXOX”, mudah bukan?

Dalam kriptografi, teknik mengacak pesan yang dilakukan oleh Julius Caesar disebut sebagai enkripsi. Sedangkan teknik yang digunakan pada saat sang Jendral merapikan kembali pesan yang didapatnya agar dapat dibaca dan dipahami disebut dengan deskripsi. Pesan awal yang belum di acak dan pesan yang telah dirapihkan (MAKANDULU) disebut sebagai plaintext, dan pesan yang telah diacak (PDNDQGXOX) disebut sebagai ciphertext.

Begitulah kira-kira  sejarah singkat lahirnya kriptografi, semoga berguna.😀

Sumber :

Ariyus, Dony, 2008, Pengantar Ilmu Kriptografi, Teori Analisis dan Implementasi, Andi, Yogyakarta

2 Responses to “Kriptografi, apa sih?”

  1. yoga Says:

    hore saya nemu blog nya kang eg..🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: